5 Tips Rumah Tangga Harmonis

5 Tips Rumah Tangga Harmonis

April 19, 2018 0 By novi

Dalam al-quran surat Ar-Rum ayat 21  terkandung makna bahwa manusia diciptakan berpasang-pasangan dengan cara menikah. Dengan menikah maka terbangunlah rumah tangga. Rumah tangga yang diimpikan oleh setiap orang yaitu rumah tangga yang bahagia, harmonis, tentram yakni memiliki keluarga yang sakinah, mawadah dan juga warahmah.

Berikut ini 5 tips rumah tangga harmonis yang bisa anda terapkan :

1.Harus bisa saling memahami antar pasangan

Antara suami dan istri pasti mempunyai perbedaan sehingga jika tidak dapat saling memahami nantinya akan memicu terjadinya sebuah konflik.

Dengan begitu sikap saling memahami sangat penting bagi kehidupan rumah tangga yang harmonis. Selain sikap saling memahami untuk membangun rumah tangga yang harmonis pun harus saling memaafkan.

2. Memberikan hadiah atau ucapan kata cinta kepada pasangan

Tips rumah tangga harmonis selanjutnya yaitu ucapkan kata cinta dan juga sayang kepada pasangan anda. Hal ini memang terlihat sangat sederhana akan tetapi jika usia pernikahan telah lama terkadang suami ataupun istri sudah jarang mengucapkan kata cinta dan juga sayang. Oleh karena itu sering-seringlah mengucapkan kata-kata sayang ataupun cinta kepada pasangan.

Selain ucapan cinta, sesekali buatlah surprise hadiah kepada pasangan. Tidak usah terlalu mahal,misal hadiah tersebut yang sedang dibutuhkan atau kenangan anda bersama pasangan yang bisa mengingatkan keindahan dimasa lalu.

3.  Berdoa dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah

Untuk membangun rumah tangga yang harmonis tidak hanya berfokus dalam sikap terhadap pasangan kita akan tetapi dengan mendekatkan diri kepada Allah pun akan sangat mempengaruhi.

Dengan mendekatkan diri kepada Allah maka akan memperteguh hati dengan begitu hati akan menjadi tenteram.

Untuk mendekatkan diri kepada Allah kita dapat melakukan ibadah seperti puasa, tilawah, berdoa, infaq dan shalat sunnah.

Karena pemilik hati serta yang bisa membolak-balikkan hati adalah Allah SWT.

4.  Meluangkan waktu untuk keluarga

Kunci utama dari harmonisnya suatu keluarga yaitu adanya waktu luang untuk menghabiskan waktu bersama. Terkadang ketika suami sibuk bekerja seringkali meninggalkan waktu kebersamaan keluarga dirumah. Waktu merupakan hal yang sangat berharga dan tak ternilai jika dibandingkan dengan uang sekalipun.

Untuk apa Anda bersusah-susah mengumpulkan uang jika tidak mempunyai waktu untuk kumpul bersama keluarga. Oleh karena itu luangkan waktu untuk keluarga, meskipun hanya sebentar tetapi hal itu sangat berkesan dan akan membuat rumah tangga menjadi harmonis.

5. Menerapkan sikap saling terbuka

Sikap saling terbuka atau mushorohah merupakan sikap yang sangat penting dalam membangun rumah tangga yang harmonis. Dimana yang sebelumnya haram akan menjadi halal ketika telah melakukan pernikahan contohnya seperti halal dalam bersentuhan.

Dengan menumbuhkan sikap saling terbuka maka akan membuat timbulnya rasa saling percaya antara istri dan suami. Dengan begitu maka suami ataupun istri akan mengetahui kepribadian, kesenangan, kebiasaan dan juga hal yang tidak disukai oleh istri ataupun suami.

Sumber : dalam islam dan perubahan pengurangan yang disesuaikan