Amalan Yang Dicintai Allah SWT

Amalan Yang Dicintai Allah SWT

July 22, 2018 0 By maya

Amalan Yang Dicintai Allah SWT – Setiap manusia yang beriman, pasti menginginkan kebahagiaan yang Allah ridhoi, sehingga hidupnya digunakan untuk beribadah kepada Allah. Beramal sholeh kapanpun ia lakukan, berharap agar amalannya dicintai Allah. Lantas, apakah amalan yang dicintai Allah?

Abdullah bin Mas’ud ra berkata: “Saya bertanya kepada Rasulullah saw, amalan apakah yang paling dicintai oleh Allah? Beliau bersabda : Sholat tepat pada waktunya. Saya bertanya, kemudian apalagi? Beliau bersabda, berbakti kepada kedua orang tua. Saya bertanya lagi, kemudian apalagi? Beliau bersabda, jihad/ berjuang dijalan Allah.” (HR.Bukhari).

Rasulullah SAW telah memberikan petunjuk tentang amalan yang paling dicintai Allah SWT,

Amalan yang pertama adalah sholat tepat pada waktunya

Karena sholat tepat pada waktunya adalah kecintaan seorang hamba untuk dapat segera berinteraksi dengan Allah swt. Orang yang sholat tepat pada waktunya akan lebih mengutamakan panggilan Allah disaat adzan dibandingkan dengan urusan dunia. Walaupun kita lihat, masih banyak yang melalaikan sholat. Mengulur-ngulur waktu sehingga sholatnya telat dan tidak bersegara, yang lebih parahnya masih ada yang tidak sholat. Karena kita sudah tahu bahwa ternyata Allah mencintai orang-orang yang sholat tepat waktu, maka yuk jangan tunda-tunda sholat dan jangan tinggalkan sholat.

Amalan yang kedua adalah berbakti kepada kedua orang tua

Orang tua memiliki kedudukan yang mulia disisi Allah karena ridho Allah kepada seorang hamba ada pada ridho kedua orang tuanya. Sehebat apapun keadaan seorang hamba tidak terlepas dari bimbingan dan doa kedua orang tuanya. Berbakti kepada kedua orang tua dengan senantiasa mentaati nasehatnya selama untuk mentaati Allah dan memperlakukannya dengan baik selama hidupnya serta senantiasa mendoakannya baik ketika masih hidup atau telah tiada. Jangan sampai, kita sebagai anak malah durhaka terhadap orang tua, melawan bahkan membentak mereka, ini yang akan menimbulkan dosa dan membuat orang tua kita bersedih. Jadi, berbaktilah kepada kedua orangtua. Tanpa mereka, kita tidak bisa apa-apa. Sudah sepantasnya kita bersyukur karena orang tua membesarkan, merawat dan mendidik kita.

Amalan yang ketiga adalah jihad fii sabilillah

Yaitu berjuang dijalan Allah untuk membela kemuliaan agama Allah dan kaum Muslimin serta mendakwahkan dan menegakkan syariatNya.

Jadi, semoga kita bisa beramal baik, sholat tepat waktu, berbakti kepada orang tua serta berjihad dijalan Allah, senantiasa berdakwah untuk Islam sehingga Allah mencintai kita. teruslah beramal sholeh, semakin mendekatkan diri kepada Allah serta senantiasa tunduk dan taat kepada Allah.

Sumber: sholihahnet