Apa Itu Hijrah?

Apa Itu Hijrah?

September 3, 2018 0 By maya

Apa Itu Hijrah – Hijrah adalah sebuah kata yang selalu hangat untuk diperbincangkan. Kata hijrah sering menjadi ungkapan seseorang untuk menunjukkan dirinya telah insaf dari dunia kelam menuju dunia kebaikan.

Nah, hijrah itu apa sih? Hijrah berasal dari kata hajara yang artinya berpindah dari suatu tempet ke tempat lain atau dari suatu keadaan ke keadaan yang lain (Ash-Shihhah fi al-Lughah,II/243, Lisan al-‘arab,V/250; Al-Qamus Al-Muhith,I/637). Hijrah yang berarti meninggalkan sebuah tempat menuju tempat lain agar dapat melaksanakan ketaatan kepada Allah SWT ini disebut hijrah makani.

Secara maknawi hijrah adalah meninggalkan segala yang dilarang Allah dan Rasul-Nya serta menaati seluruh perintah Allah dan Rasul-Nya. Jadi, orang yang hijrah adalah orang yang meninggalkan kesalahan dan dosa-dosa yang dilarang Allah.

Hijrah yang hakiki adalah meninggalkan keburukan yang telah kita lakukan dan melaksanakan semua perintah Allah tanpa tebang pilih. Kenapa tanpa tebang pilih? Sebab zaman now, Alhamdulillah sudah banyak sobat muslimah yang berhijrah namun kadang kala masih ada saja yang menggunakan hijrahnya untuk ajang mencari jodoh.

Misalnya, kalau dulu sebelum hijrah pacarannya konvensional, sekarang pacarannya syariah karena selalu diingatkan sang pujaan hati untuk sholat tahajjud, ngajak tarawih, ngajak puasa sunnah bareng. Ini namanya cashingnya saja ta’aruf tapi cannelnya tetp saja pacaran. Hijrah seperti ini yang harus diwaspadai.

Hijrah memang tidak mudah, dibutuhkan kesabaran agar tidak kembali mengulangi hal-hal tidak disukai Allah. Namun di balik susahnya hijrah ada janji Allah yang telah menanti kita. Ya, selama kita mendekat sesuai dengan jalan yang diridhoi Allah, maka Allah akan memudahkan urusan kita.

Diantara sobat muslimah semua, ada yang ingin hijrah? atau sedang dalam proses menuju hijrah? atau sudah hijrah? Tentu sobat muslimah ingin dong menjadi lebih baik. Nah, bagi sobat muslimah yang ingin hijrah, segerakan untuk merealisasikan keinginannya untuk hijrah. Bagi sobat yang sedang dalam proses menuju hijrah bersabarlah dengan tetap menjalankan proses yang ada, dan bagi sobat muslimah yang sudah hijrah semoga istiqomah ya.

Ada beberapa tips yang bisa sobat muslimah lakukan agar kita bisa istiqomah berhijrah yaitu berkumpul dengan orang-orang yang sholihah, istiqomah mengkaji islam, dan perbanyak diri untuk taqorub ilallah.

Sumber:voaislam