Apakah Hijab Yang Anda Gunakan Sudah Memenuhi 5 Kaidah Hijab Syar’i ?

Apakah Hijab Yang Anda Gunakan Sudah Memenuhi 5 Kaidah Hijab Syar’i ?

April 21, 2018 0 By novi
Sahabat, sudah kita pahami bahwa menutup aurat adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim. Allah SWT telah memberikan karunia yang besar kepada kita semua berupa bentuk yang sempurna. Seorang muslimah akan selalu ingin menjadi tampil menarik di hadapan manusia akan tetapi penampilan yang paling menarik dari semua penampilan adalah penampilan yang sesuai syariat Allah sang Pengasih dan Penyayang hamba-Nya dengan memerintahkan memakai jilbab sebagai penyempurna kewajiban sebagai seorang muslimah yang sudah baligh. Hal ini adalah bentuk kasih sayang kepada hamba-Nya khususnya wanita, yakinlah bahwa Allah mengatur semua ini hanya untuk kebaikan sahabat. Allah SWT telah memuliakan para wanita dengan syariat berhijab.
Sahabat, syariat berhijab adalah salah satu bentuk penghargaan Islam kepada kaum wanita. Aurat wanita begitu berharga, maka tidak pantas untuk diumbar dan dinikmati oleh yang tidak berhak. Sudah selayaknya ia terjaga dan terpelihara karena tidak ternilai oleh apa pun juga.
Subhanallah jilbab syar’i itu adalah ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya. Jilbab itu ‘iffah (kemuliaan). Jilbab itu kesucian. Jilbab itu pelindung. Jilbab itu taqwa. Jilbab itu iman. Jilbab itu haya’ (rasa malu). Menggunakan jilbab syar’i adalah salah satu tanda keimanan kepada Allah SWT. Saudariku, demi kemuliaan kita dan kecintaan kita kepada Allah SWT, marilah kita laksanakan syariat untuk berhijab ini dengan penuh ikhlas. Insya Allah kan banyak kita temui hikmah dan kebaikan di balik syariat-Nya ini.
Allah berfirman:
‘’….. Barang siapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam syurga yang mengalir di dalamnya sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah kemenangan yang besar. (QS. An-Nisa ayat 13)
Sahabat muslimah jika kita mentaati perintah Allah dan rasul maka kelak akan mendapatkan syurga Allah SWT.
Cuss langusng kita lihat 5 kriteria hijab syar’i ala haloislam  :
1. Menutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan

Asy Syarbini berkata, “Aurat wanita merdeka adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Termasuk telapak tangan adalah bagian punggung dan dalam telapak tangan, dari ujung jari hingga pergelangan tangan. Dalilnya adalah firman Allah Ta’ala,

وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا

Dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya” (QS. An Nur: 31). Yang boleh ditampakkan adalah wajah dan kedua telapak tangan, inilah tafsiran dari Ibnu ‘Abbas dan ‘Aisyah.” (Mughnil Muhtaj, 1: 286).

Batas aurat muslimah yang nampak hanya wajah dan telapak tangan, kita juga dianjurkan untuk tidak menggunakan acessories yang berlebihan yang bisa menarik lawan jenis.

2. Cermat Memilih Warna Kerudung
Warna kerudung untuk gaya hijab syar’i sebaiknya bernuansa lembut dan tidak terlalu mencolok. Kita bisa memilih varian warna pastel, hitam, cokelat, atau warna lainnya yang terkesan lembut. Penampilan kita pun akan kelihatan semakin elegan dengan pilihan warna kerudung yang tepat.
3. Ukuran Kerudung Harus Lebar
Tujuan penggunaan hijab syar’i adalah menutupi bagian dada dan payudara kaum wanita. Sehingga bagian tubuh tersebut tidak terlihat jelas saat beraktivitas. Oleh sebab itu, sebaiknya kita memilih kerudung yang berukuran lebar hingga menutupi perut. Kita pun tak akan kerepotan mengatur kerudung saat beraktivitas. Karena kerudung tersebut tidak menimbulkan lipatan pada bagian payudara.
4. Bahan Kerudung Harus Tebal (Tidak Transparan)
Selain memperhatikan bentuk kerudung yang dapat menutupi dada, kita juga mesti cermat memilih bahan kerudung. Hindari bahan kerudung yang terlalu licin karena aka membuat lekuk tubuh terlihat jelas. Kita harus menggunakan bahan kerudung yang agak tebal tetapi mudah menyerap keringat. Dengan demikian, kita tak akan mudah kegerahan dan bentuk tubuh akan tetap tertutupi dengan sempurna sewaktu kita beraktivitas.
5. Longgar dan tidak memperlihatkan lekuk-lekuk dan bentuk tubuh (tidak ketat)
Semoga istiqomah.
terimakasih sudah mampir.
Sumber : tipskece dan zonapelajar dengan penyesuaian