Benarkah Setiap Penyakit Pasti Ada Obatnya?

Benarkah Setiap Penyakit Pasti Ada Obatnya?

September 5, 2018 0 By maya

Benarkah Setiap Penyakit Pasti Ada Obatnya – Setiap penyakit pasti ada obatnya, perkataan ini sepertinya tidak relevan dengan kondisi jaman sekarang ya. Benarkah? Kita sering mendengar bahwa penyakit seperti HIV, kanker serviks dan beberapa kanker lainnya belum ditemukan obatnya.

Sejatinya Allahlah yang menurunkan penyakit dan tidak ada yang kuasa selain Allah yang menyembuhkan. Tentunya hal ini bukan berarti kita hanya berdiam diri saja dan tidak melakukan upaya dalam mengobati sakit kita.

Kita mungkin sering mendengar, entah teman, saudara atau para public figure yang beritanya muncul di televisi mengalami sakit yang tak kunjung sembuh hingga akhirnya meninggal. Dan biasanya sakit yang di derita adalah penyakit yang belum ada obatnya.

Namun, perkataan Allah adalah benar, janji Allah tak mungkin meleset. Setiap penyakit pasti ada obatnya. Inilah motivasi kita untuk dapat sembuh. Keinginan untuk sembuh yang kemudian dapat mendorong kita untuk melakukan berbagai ikhtiar pengobatan untuk kesembuhan. Penelitian menyebutkan bahwa kesembuhan 50% lebih itu biasanya didorong oleh faktor psikologis.

Hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari, “Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit, melainkan akan menurunkan pula obat untuk penyakit tersebut.” Hadits ini menunjukkan bahwa seluruh jenis penyakit, memiliki obat yang dapat digunakan untuk mencegah, menyembuhkan atau untuk meringankan penyakit.Dalam riwayat Imam Muslim Rasulullah bersabda, “Untuk setiap penyakit ada obatnya. Apabila obat tersebut sesuai dengan penyakitnya, penyakit tersebut akan sembuh dengan seizin Allah.” Arti hadits ini adalah jika seseorang diberi obat yang sesuai dengan penyakit yang dideritanya dan pada waktu yang ditentukan Allah, maka dengan seizin-Nya sakit tersebut akan sembuh.

Lalu, bagaimana dengan penyakit yang sampai saat ini belum ada obatnya?

Mari kita simak hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad, Rasulullah besabda, “Sesungguhnya Allah tidak menurunkan penyakit kecuali menurunkan pula obatnya. Ada yang tahu dan ada juga yang tidak tahu.” Berdasarkan hadits tersebut, maka apabila saat ini tidak ada obat yang mampu menyembuhkan suatu penyakit, bukan berarti bahwa penyakit tersebut tidak ada obatnya. Hal ini terjadi karena ilmu pengetahuan manusia yang belum mampu menemukan dan mengungkap obat dari penyakit tersebut.

Nah dengan ini semoga menambah wawasan sahabat semua. Dan yang saat ini diberikan ujian sakit oleh Allah SWT semoga diberikan kesembuhan.

Sumber: inspirasidata