Cara Memuliakan Orang Tua

Cara Memuliakan Orang Tua

August 28, 2018 0 By maya

Cara Memuliakan Orang Tua – Diantara kita semua tentu memiliki orang tua atau mungkin kini telah menjadi dan mengalami keutamaan kedua orang tua ya sobat, menjadi orang itu bukan hal yang mudah, perlu begitu banyak kesabaran dan pengorbanan baik ketika memiliki anak yang sudah kecil, anak yang dewasa, hingga anak yang sudah menikah, semuanya memiliki ujian tersendiri dan kebaikan di dalamnya.

Itulah sebabnya wajib untuk melakukan cara menghormati orang tua sobat, dimana hal itu bisa menjadi jalan untuk ke surga, yakni memuliakan orang tua kandung dengan kasih sayang dan perbuatan sehingga memberikan kesenangan pada orang tua. Nah sobat, untuk cara melakukannya islam sudah menganjurkan dengan cara berikut, 17 Cara Memuliakan Orang Tua Menurut Islam.

1. Memberi Kehidupan yang Layak

Al-Baqarah ayat 215. “Mereka bertanya kepadamu tentang apa yang mereka infakkan. Jawablah, “Harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu bapakmu, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan. Dan apa saja kebajikan yang kamu perbuat sesungguhnya Allah maha mengetahui

Ketika kita semua kecil dulu, tentu segala keperluan ditanggung oleh orang tua ya sobat, tak sedikit harta yag dikeluarkan orang tua kita serta rasa lelah yang tiada tara, jasanya tak terukur dengan apapun, sebab itu jika kita telah memiliki rezeki yang lebih, wajib untuk berbagi pada orang tua dan memberi kehidupan yang layak serta menafkahi orang tua setelah menikah.

2. Bertutur Kata yang Baik

Hendaklah kamu berbuat baik kepada ibumu kemudian ibumu sekali lagi ibumu kemudian bapakmu kemudian orang yang terdekat dan yang terdekat” [Abu Dawud No. 5139]. Walaupun kita memiliki karakter mudah emosi dsb yang kurang baik, hal itu sama sekali tak boleh diterapkan pada orang tua ya sobat, untuk orang tua, wajib untuk bersikap baik sikap maupun perbuatan sebagai etika berbicara dalam islam.

3. Mendoakan

Robbirhamhuma kamaa rabbayaani shagiiro” (Wahai Rabb-ku kasihanilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku diwaktu kecil). [Al-Isra : 24]. Jelas bahwa doa anak akan menjadi kebahagiaan untuk orang tuanya ya sobat, sebab itu wajib untuk selalu mendoakan kebaikan untuk orang tua sesuai dalil berbakti kepada orang tua.

4. Membuat Orang Tua Bangga

Apakah ada suatu kebaikan yang harus aku perbuat kepada kedua orang tuaku sesudah wafat keduanya ?” Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Ya, kamu shalat atas keduanya, kamu istighfar kepada keduanya, kamu memenuhi janji keduanya, kamu silaturahmi kepada orang yang pernah dia pernah silaturahmi kepadanya dan memuliakan teman-temannya” [Bahajtun Nazhirin Syarah Riyadush Shalihin Juz I hal.413 hadits No. 343]

5. Melakukan Kebiasaan Baik Orang Tua

Sesungguhnya termasuk kebaikan seseorang adalah menyambung tali silaturrahmi kepada teman-teman bapaknya sesudah bapaknya meninggal” [Hadits Riwayat Muslim No. 12, 13, 2552]

6. Berbuat Baik pada Orang Terdekat Orang Tua

Sesungguhnya termasuk kebaikan seseorang adalah menyambung tali silaturrahmi kepada teman-teman ayahnya” [Hadits Riwayat Muslim 2552 (13)]

7. Merawat ketika Usia Orang Tua Renta

Dari Abu Hurairah, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda: “Celaka, sekali lagi celaka, dan sekali lagi celaka orang yang mendapatkan kedua orang tuanya berusia lanjut, salah satunya atau keduanya, tetapi (dengan itu) dia tidak masuk syurga.” [Hadits Riwayat Muslim 2551, Ahmad 2:254, 346]. Tentu merawat orang tua itu wajib ya sobat, sebab waktu kecil kita juga tak bisa apa apa jika tidak dirawat orang tua.

Sekian yang dapat disampaikan, semoga menjadi wawasan berkualitas untuk sobat semua. Terima Kasih, Salam hangat.

Sumber: dalamislam