Cara Mengatasi Insomnia Dalam Islam

Cara Mengatasi Insomnia Dalam Islam

August 14, 2018 0 By maya

Cara Mengatasi Insomnia Dalam Islam – Sebuah lirik lagu dangdut yang terkenal dipopulerkan oleh Rhoma Irama berbunyi, “Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya. begadang boleh saja kalau ada perlunya.” Ini memunculkan pertanyaan, Bagaimana kalau insomnia?

Insomnia adalah semacam penyakit sulit tidur di malam hari. Tidak bisa tidur karena gangguan insomnia pasti tidak menyenangkan. Tapi, tidak usah khawatir, DR. ‘Aidh Al Qarny dalam buku La Tahzan, menuliskan 5 hal yang dapat dilakukan penderita insomnia agar dapat tidur tanpa rasa gelisah. Berikut ini tipsnya:

  1. Membaca dzikir-dzikir yang sesuai dengan syari’at. Karena dengan berdzikir hati pasti akan menjadi tenang. dan, segala macam kegalauan akan hilang.
  2. Tidak tidur di siang hari kecuali karena terpaksa. Sebab, hakikatnya siang adalah waktu untuk bekerja, sedangkan malam adalah untuk beristirahat. Atau, dapat dikatakan bahwa siang untuk dunia, malam untuk ibadah.
  3. Membaca dan menulis untuk memancing kantuk. Dengan demikian bukan hanya insomnia yang terkalahkan tapi kita juga bisa memenangkan ilmu pengetahuan dari buku yang kita baca.
  4. Membuat tubuh lelah dengan kegiatan yang bermanfaat di siang hari. Maka, malam harinya kita dengan sendirinya akan membutuhkan istirahat atau tidur.
  5. Mengurangi konsumsi makanan atau minuman stimulan, misalnya kopi dan teh. karena kedua jenis minuman tersebut dipercaya dapat mengusir kantuk. jika diminum, insomnia justru akan semakin bertambah parah.

Nah itu tadi beberapa cara untuk mengatasi isnomnia. Semoga bermanfaat.

Sumber: inspirasidata