Cara Menghitung Zakat Fitrah

Cara Menghitung Zakat Fitrah

June 13, 2018 0 By novi

Zakat adalah mengeluarkan sedikit harta yang kita punya. Setiap umat muslim yang mampu diwajibkan memberikan sedekah dari rezeki yang dikaruniakan Allah. Kewajiban ini tertulis di dalam Alquran

Apabila Anda ingin mengeluarkan zakat fitrah ini cara menghitung zakat fitrah beras ini sendiri sangat mudah. Zakat ini menggunakan beras sebagai medianya karena bermaksud sebagai bahan makanan pokok yang dikonsumsi di Indonesia dan bisa untuk dimasak ketika lebaran. Hal tersebut tidak terlepas dari masa pengeluaran zakat ini yang hanya ketika menjelang lebaran dan akhir puasa. Sehingga diharapkan semua masyarakat mendapatkan kebahagiaan menyambut kedatangannya lebaran termasuk untuk orang yang tidak mampu. Dimana dengan bantuan zakat fitrah tersebut ada sesuatu yang bisa dimakan ketika lebaran apabila biasanya kesusahan untuk dapat makan.

“Sungguh berbahagialah orang yang mengeluarkan zakat (fitrahnya), menyebut nama Tuhannya (mengucap takbir, membesarkan Alloh) lalu ia mengerjakan sholat (iedul fitri)”. (Q.S. Al-A’la ayat 14-15)

“Rosululloh SAW telah mewajibkan zakat fitrah untuk menyucikan orang yang shaum dari segala perkataan yang keji dan buruk yang mereka lakukan selama mereka shaum, dan untuk menjadi makanan bagi orang orang yang miskin. (H.R. Abu Daud)

Berikut ini cara menghitung zakat fitrah :

1. Hitungan normal
Untuk melakukan zakat fitrah ini, sama halnya dengan zakat lainnya juga membutuhkan ukuran untuk berapa banyak yang dapat untuk dizakatkan. Jenis zakat fitrah ini sendiri mempunyai ukuran 2,5 kg beras yang harus diberikan ketika akan diberikan kepada orang lain yang berhak untuk menerimanya. Seperti seorang mualaf, orang yang tidak mampu, orang tua yang papa, dan juga anak yatim piatu yang berhak mendapatkan zakat tersebut. Sehingga ketika akan mengeluarkan zakat fitrah ini Anda perlu untuk mengeluarkan 2,5 kg beras yang diberikan kepada penerima zakat fitrah.

2. Uang dari harga beras

Dan pertimbangan selanjutnya ketika memberikan zakat fitrah ini juga dari uang yang bisa ditukarkan dengan beras. Apabila ingin memberikan uang maka jumlahnya adalah senilai ukuran zakat beras yang dikeluarkan. Yaitu dihitung dari harga beras di pasaran pada saat itu. Misalnya untuk harga 1 kg beras di pasaran saat itu adalah 10 ribu maka uang yang harus diserahkan adalah senilai 25 ribu rupiah untuk satu orangnya. Ketika akan melakukan zakat ini sendiri, apabila memilih diberikan kepada Mushola atau masjid maka bisa untuk membawa uang yang kemudian ditukarkan dengan beras sebelum akan membaca doa zakat fitrah tersebut.

3. Jumlah zakat fitrah untuk keluarga

Dan langkah terakhir adalah dengan menghitung banyaknya keluarga yang akan berzakat untukdapat mendapatkan jumlah beras yang akan dizakatkan. Apabila 1 orangnya harus mengeluarkan zakat 2,5 kg maka apabila ia mempunyai 5 orang anggota keluarga maka beras yang harus dizakatkan adalah 12,5 kg. Dan begitu hitungan seterusnya sebelum akan menzakatkan beras tersebut sebagai perintah ketika zakat fitrah yang harus dilakukan satu tahu sekali.

Ramadhan tinggal 2 hari lagi. Jangan lupa berzakat.

Semoga bisa bermanfaat. .

Sumber : trimoffers