Diet Nggak Dilarang Dalam Islam Kok

Diet Nggak Dilarang Dalam Islam Kok

September 15, 2018 0 By maya

Diet Nggak Dilarang Dalam Islam Kok – Sebetulnya menjaga berat badan tidak hanya penting bagi seorang wanita, namun penting bagi setiap orang. Dengan berat badan yang ideal maka seseorang dapat bergerak lebih aktif, terhindar dari beberapa penyakit yang dipicu karena obesitas seperti kolesterol, diabetes, bahkan jantung. Selain itu seseorang juga dapat beribadah dengan aktif karena tidak mudah lelah.

Diet dalam islam sebenarnya tidak dilarang, bahkan dianjurkan karena sebagai wujud untuk kelancaran dalam ibadah seseorang. Jika sobat cahaya islam ingin melakukan diet, simaklah tips diet ala Rasulullah SAW dalam kajian islam kali ini :

Konsumsilah Makanan yang Baik dan Halal

Hal utama yang harus diperhatikan dalam melakukan tips diet ala Rasulullah SAW adalah memakan makanan yang baik dan halal. Mengkonsumsi makanan yang halal wajib hukumnya bagi setiap muslim, halal makannya halal pula cara mendapatkannya. Selain halal makanan juga harus baik dan menyehatkan, karena ada makanan yang halal tapi tidak menyehatkan seperti makanan-makanan instan, fast food dan soft drink. Jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih minimal 2 liter dalam sehari. Di dalam Al-qur’an pun secara jelas Allah memerintahkan pada hambaNya untuk makan makanan yang halal. Perintah tersebut tertuang di dalam AlQur’an :

“Wahai manusia, kalian makanlah yang halal lagi baik dari apa-apa yang ada di bumi. Dan kalian janganlah mengikuti langkah-langkah Syetan. Sesungguhnya syetan itu adalah musuh yang nyata bagimu.”  QS. Al-Baqarah ayat 168

Makanan yang baik yang dimaksud harus tetap memenuhi berbagai zat yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu yang mencakup empat sehat lima sempurna, yang terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Makanlah secukupnya, Jangan berlebihan

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.”  QS. Al-A’raf ayat 31

Dalam ayat diatas Allah SWT memerintahkan pada hambaNya untuk makan dan minum secukupnya dan tidak berlebihan. Tips diet ala Rasulullah SAW adalah makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Jika kita makan sebelum lapar maka kita akan terhindar dari makan secara berlebihan, dan berhentilah sebelum kenyang. Menurut ilmu kesehatan setelah makan kita harus berhenti sekitar dua puluh menit baru perasaan kenyang muncul. Menjaga pola makan sangatlah penting. Bagilah porsi makanan menjadi lima kali dalam sehari. Tiga kali makan berat dan dua kali makan ringan. Lebih baik makan beberapa kali namun dalam porsi yang kecil. Untuk makan berat lebih baik untuk mengkonsumsi nasi merah atau nasi hitam yang memiliki kandungan glukosa yang lebih sedikit dibanding dengan nasi putih. Sedangkan untuk makanan ringan yang dikonsumsi pun harus yang menyehatkan seperti roti gandum atau buah-buahan.

Menjaga waktu makan

Atur jam makan dengan baik. Untuk sarapan pagi jam terbaik adalah pukul 06.30 – 08.00. Untuk snack bisa dimakan pukul 10.00. Selanjutnya untuk makan siang jam terbaik adalah antara pukul 12.00 – 14.00. Snack kedua bisa dimakan pukul 16.00. Terakhir untuk makan malam, waktu terbaik adalah tiga jam sebelum tidur. Namun, waktu yang tepat adalah maksimal sampai jam 20.00. Tujuan utama dari aktivitas makan adalah agar kita bisa mendapatkan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jika kita tidur setelah makan maka kalori yang seharusnya digunakan untuk beraktivitas malah akan tersimpan menjadi lemak karena tidak ada pembakaran.

Selalu Berkir positif

Di dalam islam kita diajarkan untuk selalu berfikir positif. Hal ini juga menjadi salah satu tips diet ala Rasulullah SAW. Dengan selalu berfikir positif InsyaAllah kita akan terhindar dari stress. Setiap bagian tubuh dapat berfungsi dengan baik apabila kita rileks dan tidak stress. Dengan begitu sari makanan dapat terserap dengan baik dan pembakaran kalori juga berjalan dengan baik.

Perbanyak Aktivitas Fisik

Untuk dapat mendapatkan berat badan ideal, mengatur pola makan belum cukup. Kesemuanya harus dibarengi dengan aktivitas fisik sehingga pembakaran dari kalori yang masuk kedalam tubuh dapat berjalan. Aktivitas fisik yang bisa dilakukan mulai dari menyelesaikan pekerjaan rumah seperti mencuci, menyetrika, menyapu dll. Atau kita dapat melakukan olahraga khusus seperti joging, senam, bersepeda atau yoga. Yoga terbaik menurut islam adalah dengan memperbanyak sholat sunah dan berdzikir pada Allah.

Sumber: cahayaislam