Hilangkah Pahala Puasa Asyuranya Wanita yang Tiba-Tiba Haid

Hilangkah Pahala Puasa Asyuranya Wanita yang Tiba-Tiba Haid

September 20, 2018 0 By maya

Hilangkah Pahala Puasa Asyuranya Wanita yang Tiba-Tiba Haid – Pada hari kesepuluh bulan Muharram, umat Islam dianjurkan untuk berpuasa, yang biasa disebut dengan puasa Asyura. Namun, terkadang bagi sebagian wanita ada yang sudah meniatkan berpuasa di hari itu. Tetapi di siang harinya atau bahkan lima menit sebelum maghrib, haid sebagai tamu bulanannya datang dengan tiba-tiba. Lalu apakah pahala puasa yang ia jalankan hilang seketika?

Datangnya haid memang tidak ada yang tahu. Meskipun bagi sebagian wanita sudah memperkirakan kapan datangnya waktu haid. Hal ini diketahui setelah ia menghitung batas maksimal suci antara dua haid. Namun, perhitungan haid itu bisa maju dan mundur.

Adapun terkait dengan wanita yang tiba-tiba haid di tengah menjalankan puasa Asyura’. Apakah pahala puasa yang ia jalankan hanya setengah hari tersebut. Bahkan sebentar saja, atau mungkin hampir penuh satu hari. Maka, pertanyaan ini telah dijawab oleh lembaga Fatwa Ulama Mesir di laman Darul Ifta’ Al-Misriyyah sebagaimana berikut

إذا شرعتِ المرأة في صيام يوم عاشوراء ففاجأها العذر مما اضطرها إلى الفطر فثوابها عند الله غير منقوص بإذن الله، والله هو المتفضل على عباده بالأجر والثواب والله سبحانه وتعالى أعلم.

Jika wanita itu disyariatkan berpuasa di hari Asyura, lalu tiba-tiba ada udzur yang memaksanya untuk berbuka (haid). Maka, pahalanya adalah telah berada di sisi Allah, tidak berkurang dengan izin Allah. Dan Allah maha pemurah terhadap hamba Nya terkait masalah ganjaran dan pahala. Allah yang maha Suci dan Luhur yang lebih tahu.

Berdasarkan keterangan tersebut, maka bagi wanita tidak perlu risau saat haid datang tiba-tiba saat puasa Asyura. Terlebih masalah pahala dan ganjaran. Insya Allah, puasa yang ia kerjakan hari itu tetap dihitung oleh Allah tanpa ada pengurangan. Karena, justru ketika ia melanjutkan puasa. Padahal ia sudah jelas dalam keadaan haid. Maka, ia malah berdosa, karena haram bagi wanita haid untuk berpuasa.

Sumber: bincangsyariah