Ini Kandungan Buah Nangka Yang Jarang Diketahui

Ini Kandungan Buah Nangka Yang Jarang Diketahui

March 26, 2018 0 By novi

Buah nangka adalah salah buah yang paling digemari oleh para vegetarian di seluruh dunia. Dan ada alasan khusus mengapa mereka jatuh cinta pada buah yang dagingnya manis dan lezat ini.

Berikut ini beberapa fakta tentang buah nangka yang mungkin tidak pernah Anda sadari dan menarik untuk disimak:

1. Kandungan Gizi

Selain kaya akan potasium, serat, vitamin C, vitamin B dan megnesium, buah nangka juga merupakan sumber kalsium, vitamin A, zat besi dan protein yang dibutuhkan tubuh.

2. Mengandung Phytonutrient

Senyawa ini diketahui berfungsi mencegah pertumbuhan sel kanker pada tubuh. Manfaat lain dari phytonutrient adalah kemampuannya menyembuhkan tukak lambung.

3. Mengandung Saponin

Seperti halnya phytonutrient, saponin juga memiliki potensi anti kanker yang kuat. Menurut studi yang dirilis pada Journal of Nutrition tahun 1995, saponin memiliki sifat yang mencegah pertumbuhan sel kanker pada usus besar.

4. Mengandung Lignan dan Isoflavone

Menurut hasil studi yang dirilis pada jurnal National Cancer Institute yang melibatkan 500 partisipan wanita, mengkonsumsi buah nangka dapat mengurangi resiko seseorang terkena kanker.

5. Mengandung Serat

Menurut hasil studi yang dirilis pada jurnal National Cancer Institute, konsumsi buah nangka dapat mengurangi resiko seseorang terkena kanker kolon. Kandung serat yang ditawarkan buah ini diakui efektif dalam membersihkan usus besar dan menyingkirkan toksin pada saluran pencernaan.

6. Kaya Vitamin C

Sedangkan kandungan vitamin C yang ditawarkan buah ini bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Mengandung Antioksidan

Antioksidan yang ditawarkan buah ini dapat membantu tubuh melindungi DNA dari kerusakan yang disebabkan oleh toksin berbahaya, sekaligus mencegah mutasi sel yang berujung kanker.

Sumber : eramuslim