Inilah Ancaman Orang Yang Menunda Shalat

Inilah Ancaman Orang Yang Menunda Shalat

June 29, 2018 0 By novi

Shalat adalah tiang dari agama, Shalat wajib dikerjakan seorang muslim yang sudah baligh, berakal, dan tidak termasuk orang yang udzur shalat. Jika ia tidak mengerjakannya maka dia berdosa. Lalu bagaimana jika orang yang menunda Shalat?

Shalat adalah kadar keimanan seorang muslim. Seorang muslim bisa dilihat keimanannya dari sholatnya. Maka celakalah orang yang menunda shalat atau bahkan meninggalkan shalat sebagaimana firman Allah sebagai berikut :

yang berbunyi : “Maka kecelakaanlah bagi orang – orang yang shalat, (yaitu) orang – orang yang lalai dari shalatnya,” (QS. Al-Maa’uun: 4-5).

Terdapat 3 bagian orang yang termasuk dalam melalaikan sholatnya, yakni :

1. Orang yang menunda shalat dari awal waktunya sehingga mengakhirkan sampai waktu yang terakhir dan hampir mau habis.

2. Orang yang tidak melaksanakan rukun shalat dan syarat sah wajib shalat sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah swt. dan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

3. Orang yang tidak khusyuk dalam shalat dan tidak memaknai bacaan ketika shalat.

Lalu bagaimana Ancaman Orang Yang Menunda Shalat :

Selain mendapatkan dosa akibat meninggalkan dan melalaikan sholat, orang tersebut juga akan mendapatkan siksa di dunia, ketika sakaratul maut, dan ketika di alam barzah. Berikut akan sedikit dijelaskan kesiksaan tersebut :

  • Siksa di dunia: Allah SWT akan menghilangkan dan mengambil rezekinya, Allah swt. akan mencabut cahaya dari wajahnya, dan orang – orang beriman akan membencinya.
  • Siksa ketika sakaratul maut : ruhnya dicabut saat mengalami keadaan yang sangat haus, ruhnya akan dicabut dengan cara yang teramat buruk (Su’ul Khatimah), akan merasakan kesakitan yang teramat pedih ketika dicabut nyawa, dan akan merasakan keresahan dan kegelisahan karena hilang imannya.
  • Siksa ketika di alam barzah: akan merasakan kesulitan dalam menjawab pertanyaan dan mendapatkan hukuman yang mengerikan dari Malaikat Mungkar dan Nakir, akan digelapkan dalam kuburnya, disepitkan kuburnya, dan akan mendapat siksaan dari binatang berbisa seperti ular, kalajengking, lipan.

Selain mendapat berbagai siksaan, orang yang lalai dan meninggalkan shalat akan mendapat azab berupa diturunkannya setiap hari dan setiap malam seribu laknat dan seribu murka. Para malaikat di langit ke-7 pun akan melaknatnya.

Diriwayatkan dalam Shahih Al-Bukhari dari sahabat Samurah bin Junab radhiyallahu ‘anhu sebagaimana disebutkan dalam hadits yang panjang tentang sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam (dalam kisah tentang mimpi beliau):

“Kami mendatangi seorang laki-laki yang terbaring dan ada juga yang lain yang berdiri sambil membawa batu besar, tiba-tiba orang tersebut menjatuhkan batu besar tadi ke kepala laki-laki yang sedang berbaring dan memecahkan kepalanya sehingga berhamburanlah pecahan batu itu di sana sini, kemudian ia mengambil batu itu dan melakukannya lagi. Dan tidaklah ia kembali mengulangi lagi hal tersebut sampai kepalanya utuh kembali seperti semula dan ia terus-menerus mengulanginya seperti semula dan ia terus-menerus mengulanginya seperti pertama kali.”

Disebutkan dalam penjelasan hadits ini “Sesungguhnya laki-laki tersebut adalah orang yang mengambil Al-Qur’an dan ia menolaknya, dan orang yang tidur untuk meninggalkan shalat wajib.”

Nauzubillah himinzalik. Banyak sekali azab dan ancaman orang yang menunda shalat yang sudah Allah SWT sampaikan agar kita tidak terjebak di hal itu. Padahal sesungguhnya didalam shalat kita bisa berkomunikasi dengan sang pencipta lebih khusyuk. Selain itu juga banyak manfaat untuk kesehatan dalam shalat.

Semoga bermanfaat.

Sumber : muslimah, islampos dengan penyesuaian