Jangan Libatkan Tangan Kiri Saat Makan

Jangan Libatkan Tangan Kiri Saat Makan

August 10, 2018 0 By maya

Jangan Libatkan Tangan Kiri Saat Makan – Dalam Islam, semua umat dianjurkan untuk menggunakan tangan kanan saat makan dan minum. Namun ternyata hal ini masih saja sering diabaikan. Apalagi ketika makan gorengan dan rawit, yang seolah membutuhkan kedua tangan untuk bekerja.

Padahal, Rasulullah SAW telah mengajarkan penggunaan tangan kanan untuk perkara-perkara yang baik seperti makan dan minum. Lalu fungsi tangan kiri adalah untuk melakukan sesuatu yang cenderung menjijikkan, seperti membersihkan kotoran dan lain-lain.

إذا أَكَلَ أحدُكُم فليأكلْ بيمينِهِ . وإذا شرِبَ فليشربْ بيمينِهِ . فإنَّ الشَّيطانَ يأكلُ بشمالِهِ ويشربُ بشمالِهِ

jika seseorang dari kalian makan maka makanlah dengan tangan kanannya dan jika minum maka minumlah dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya” (HR. Muslim no. 2020).

Meneladani Rasullullah SAW dalam setiap kegiatan bukan perkara mudah, termasuk saat makan dan minum. Contoh sederhananya ketika memakan gorengan.

Menyantap gorengan dengan cabai rawit sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia.

Biasanya, tangan kanan digunakan untuk memegang gorengan, dan tangan kiri untuk rawit. Padahal, banyak cara agar semua makanan yang masuk ke mulut menggunakan tangan kanan.

Sebisa mungkin kita harus bisa menaati apa yang sudah diperintahkan Allah melalui Rasulullah. Ini semata-mata demi kebaikan setiap muslim.

Semoga bermanfaat.

Sumber: isnpirasidata