Kekuatan Shalawat Jika Ingin Sesuatu

Kekuatan Shalawat Jika Ingin Sesuatu

July 12, 2018 0 By maya

Kekuatan Shalawat Jika Ingin Sesuatu – Jika ingin sesuatu yang baik, memohon agar segera terkabul perbanyaklah bersholawat. Di antara bentuk shalawat yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam ialah :

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى (إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى) آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ اللَّهُمَّ بَارِكْ (فِي رِوَايَةٍ: وَ بَارِكْ) عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى (إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى) آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

(Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kamaa shallaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala aali Ibrahim, innaKa Hamidum Majid. Allahumma barik (dalam satu riwayat, wa barik, tanpa Allahumma) ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama barakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaKa Hamiidum Majid).

Manusia akan selalu punya seribu keinginan dalam hidupnya, termasuk kamu. Usaha yang akan dilakukan tak jauh dari kata berdoa, memohon dan meminta kepada Allah Tuhan Yang Maha Kuasa. Namun, apakah kamu tau, ada satu amalan yang selama ini kita lewatkan dikala sedang berdoa akan sesuatu ?

Banyak amalan baik yang bisa kita lakukan agar doa yang kita panjatkan bisa dikabulkan Allah. Dan ternyata, sholawat punya kekuatan besar sebesar doa yang kita panjatkan. Sebenarnya, sholawat yang manusia panjatkan untuk Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam adalah doa. Karena itu, ketika kita sedang memiliki hajat atau keinginan, kita dianjuran untuk memperbanyak bersholawat atas Nabi.

Banyak hadits Nabi yang membahas tentang keutamaan bersholawat. Mulai dari manfaat hingga kapan saja waktu yang baik untuk bersholawat. Allah Subhanahu wa ta’ala memerintahkan kita untuk memberi salam kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam sebagai wujud penghormatan dan kecintaan kita pada Sang Nabi. Karena itu, Allah juga menyukai orang-orang yang selalu bersholawat pada Nabi.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

Apabila salah seorang di antara kamu membaca sholawat, maka hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah dan memujiNya. Lalu bacalah sholawat kepada Nabi dan setelah itu berdoalah dengan doa yang diinginkan,”
(HR Ahmad, Abu Daud, dan Tirmidzi).

Dari hadits tersebut jelas menyebutkan jika dengan bersholawat kepada Rasulullah, kita bisa mengiringinya dengan doa. Berbagai keajaiban sholawat dalam mengabulkan doa yang kita kehendaki juga sudah banyak terdengar.

Hadits lain juga menyebutkan alasan mengapa bersholawat juga ampuh sebagai doa. Diriwayatkan An-Nasa’i, Rasulullah pernah bersabda, jika suatu hari Malaikat Jibril datang kepada beliau dan mengatakan sebuah kabar gembira. Kabar tersebut menyebut bahwa satu sholawat dari umat Muhammad akan diimbangi malaikat dengan 10 salam. Itu berarti, doa kita pun akan diamini oleh para malaikat berkali-kali lipat.

Lalu, bagaimana cara kita bersholawat? Seperti sabda Rasullah di atas, kita dapat mengawali sholawat pada Nabi dengan puja-puji pada Allah. Sholawat kepada baginda Rasul ini pun tidak dibatasi berapa jumlahnya, tentu semakin banyak sholawat yang kita panjatkan, semakin besar pula menfaat dan pahala yang kita terima. Selain bersholawat setiap selesai sholat 5 waktu dan sebelum memanjatkan doa, memperbanyak sholawat pada Hari Jum’at pun banyak dianjurkan guna mendapat banyak kebaikan lainnya.

Lantas, apakah keajaiban sholawat hanya sebagai doa yang dikabulkan Allah saja? Tidak, karena masih ada beberapa keutamaan lain dari sholawat, seperti:

Pertama, sholawat membuat kita dekat dengan Rasulullah di hari akhir nanti. Siapa yang tidak ingin mendapat syafa’at dari Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam? Tentu kita semua ingin mendapatkannya, bukan? Ayo, bersholawat!

Kedua, memperbanyak sholawat Nabi dapat mengangkat derajat kita di mata Allah dan juga mendapat penghapusan dosa. Hal ini disebutkan dalam sebuah hadits Rasulullah yang diriwayatkan Ahmad bahwa siapa pun yang bersholawat pada Nabi satu kali, maka Allah akan bersholawat padanya 10 kali, dihapusnya 10 kesalahan, dan diangkat derajatnya sebanyak 10.

Ketiga, tentunya akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Sholawat dari Allah adalah rahmat untuk kita semua. Menyayangi Nabi Muhammad berarti menyayangi Allah.

Nah besar sekali bukan kekuatan sebuah shalawat. Kalau kita ingin sesuatu tinggal baca shalawat dengan ikhlas tapi jangan lupa untuk tetap berusaha juga ya.. Semoga bermanfaat artikel Kekuatan shalawat jika ingin sesuatu

Sumber : muslimahdaily