Kelebihan Memberi Salam

Kelebihan Memberi Salam

August 30, 2018 0 By maya

Kelebihan Memberi Salam – Ucapan salam bukan sekadar pemanis mulut. Assalamualaikum berarti “sejahtera buat kamu”.Berarti, setiap kali mengucapkannya, kita mendoakan agar saudara kita selamat sejahtera.

Alangkah ruginya kita jika ramah namun jarang mengucapkan salam. Salam terlihat sepele, namun kelebihan dan ganjarannya cukup besar di sisi Tuhan. Salam bukan saja mengeratkan ukhwah namun lebih dari itu mendatangkan rasa kasih sayang dan hormat-menghormati. Paling mulia di sisi Allah

Nabi bersabda: “Sesungguhnya seutama-utama manusia pada Allah adalah orang yang terlebih dahulu memberikan salam dalam kalangan mereka.” (HR Abu Dawud).

Lihat, bagaimana Allah memuliakan mereka yang memulai salam ini!

Nabi pun buat
Pada satu hari, Sayidina Anas melewati kumpulan anak-anak. Lantas beliau memberikan salam kepada mereka. Kemudian beliau berkata: “Dahulu, Rasulullah SAW juga melakukan seperti ini.” (HR al-Bukhari dan Muslim).

Berkat pada diri dan keluarga
Nabi pernah mendidik Sayidina Anas bin Malik, “Wahai anakku, jika mau ke tempat keluargamu, maka ucapkanlah salam, niscaya akan berkat atas kamu dan seluruh keluarga rumahmu.” (HR al-Tirmidzi)

Amalan terbaik
Rasulullah SAW pernah ditanya, “mana satu amalan Islam yang terbaik?” Lalu jawab Baginda: “Kamu menjamu orang makan, dan mengucapkan salam kepada orang yang dikenal maupun tidak.” (HR al-Bukhari).

Strategi ke syurga
Rasulullah SAW bersabda: “Kamu tidak akan masuk surga sampai kamu beriman. Kamu tidak akan benar-benar beriman sampai kalian saling menyayangi. Maukah kamu kalau aku tunjukkan sesuatu, yang jika kamu melakukannya tentu kamu semua akan saling mengasihi? Sebarkanlah salam antara kamu! “(HR Muslim).

Moga kita terus mengamalkan sunnah Rasulullah SAW dan menyebarkan salam dan kasih sayang.

Sabda Nabi SAW: “Al-salam, salah satu nama Allah yang ditempatkan di bumi, maka sebarkanlah salam antara kamu.” (HR al-Bukhari)

Semoga bermanfaat

Sumber: iluvislam.com