Kembali, Gunung Merapi Meletus

Kembali, Gunung Merapi Meletus

May 11, 2018 0 By novi

Kemarin pada Jumat (11/5/2018) pagi, Gunung Merapi di perbatasan DIY dan Jawa Tengah menyemburkan asap tinggi .

Semburan asap terjadi sekitar pukul 07.30 WIB. Bersamaan dengan semburan, terjadi gempa yang dirasakan warga di kawasan DIY dan Jawa Tengah sekitar Gunung Merapi.

“Terdengar suara gemuruh, ketika mencari sumbernya keluar rumah, teryata Gunung Merapi menyemburkan asap,” kata Dian Saraswati, warga Bimomartani Kalasan Sleman.

Bencana adalah sebuah ujian atau balasan?

Pertama, bencana yang terjadi ketika kita berada dalam ketaatan kepada Allah SWT. Bencana yang seperti ini mengandung hikmah, walaupun kadang tidak diketahui orang yang mengalaminya. Datangnya tidak berbeda dengan seorang siswa yang harus menjalani ujian demi bisa naik kelas. Oleh karena itu, kalau kita ridha, Allah SWT pasti akan meningkatkan derajat kita. Allah SWT berfirman:

))الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ. أُولَئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُونَ))

“(Yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, “Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun” Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” [Al-Baqarah: 156-157]

Kedua, bencana yang terjadi ketika kita berada dalam kemaksiatan kepada Allah SWT. Ini adalah siksaan dari Allah SWT. Allah SWT berfirman:

((وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ))

“Dan apa musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” [Asy-Syura: 30]

Hendaknya kita mencari-cari hikmah dalam bencana seperti ini. Selain mengambil pelajaran juga senantiasa menambah amalan kebaikan.  Memohon ampun kepada pemberi ampun.

Sumber : Jogjapolitan dan dakwatuna dengan penyesuaian