Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun

Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun

September 18, 2018 0 By maya

Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun – Minyak zaitun berasal dari buah Zaitun yang sudah terkenal lama sejak zaman mesir kuno dan zaman nabi, termasuk juga buah tertua di dunia. Minyak Zaitun sendiri mempunyai banyak manfaat untuk rambut, wajah, kulit dan kecantikan bahkan untuk kesehatan. Nabi Muhammad SAW pernah berpesan untuk mengonsumsi minyak zaitun yang banyak manfaatnya ini.

Minyak zaitun lebih dikenal dengan Olive oil. Buah dan biji zaitun yang matang akan memecah sendiri dan menghasilkan minyak. Tidak hanya untuk kecantikan atau kesehatan tetapi juga menjadi resep obat yang untuk meringankan penyakit. Minyak zaitun juga dijadikan aromaterapi dan terapi umum seperti penyakit kulit, perawatan tubuh, dan kanker.

“Makanlah buah zaitun dan lumurilah minyaknya, karena ia berasal daripada pohon yang penuh berkat” (Riwayat At-tirmizi dan Ibnu Majah)

Berikut manfaat dan khasiat yang dimiliki Minyak Zaitun:

Mengurangi kolesterol berbahaya

Minyak zaitun dapat mengurangi kolesterol berbahaya yang terdapat dalam tubuh. Namun tidak mengurangi kolesterol yang bermanfaat bagi tubuh. Bila anda ingin mengurangi atau tidak ada kolesterol “jahat” di dalam tubuh, anda bisa mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin.

Mengurangi angka kematian

Albania adalah Negara paling miskin di Eropa. Di sana memiliki sedikitnya angka kematian. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam majalah Lanst yang terkenal pada 20 Desember 1999, mengatakan hal ini dipengaruhi oleh konsumsi minyak zaitun dalam makanan penduduk Albania.

Mencegah kanker kulit

Sebuah studi mengatakan bahwa menggunakan minyak zaitun setelah renang sebagai krim dikulit dapat mencegah terjadinya kanker kulit yang disebabkan cahaya matahari. Ini cocok untuk yang memiliki kulit sensitif.

Minyak zaitun membantu memproduksi ASI yang baik

Apabila ibu atau wanita yang sedang dalam masa menyusui, bisa dikombinasikan minyak zaitun dalam beberapa jenis makanan yang dikonsumsi Ibu. Hal ini dapat membantu memproduksi ASI yang sangat baik untuk sang bayi.

Mencegah rambut rontok

Kebanyakan orang yang memiliki masalah rambut rontok selalu mencari solusi dengan bergonta-ganti shampoo. Memakai minyak zaitun bermanfaat untuk membantu membuat rambut berkilau, tumbuh sehat dan mengkilap.

Memiliki kuku yang sehat

Kebanyakan wanita ingin mempunyai kuku yang indah dan cantik. Saat tidur, minyak zaitun juga bermanfaat untuk memiliki kuku yang indah dan sehat. Hal ini mengurangi kotoran masuk ke dalam kuku yang menyebabkan patah dan kotor.

Kandungan Minyak Zaitun

Kandungan yang terdapat pada minyak zaitun bermanfaat bagi kesehatan, kecantikan dan pengobatan. Kandungan yang ada antara lain:

  • Vitamin A, C, D, E dan K
  • Minyak virgin oil
  • Mengandung fenol yang di dalamnya mengandung juga flavonoid yang memiliki pean aktif sebagai antioksida yang sangat kuat menghambat proses oksidasi.
  • Asam lemak jenuh baik seperti asam miristat, asam arachidat, asam stearat, asam palmitat dan lignoserat dengan kadar kecil.

Dari kelebihan-kelebihan yang dimiliki Minyak Zaitun tersebut, ada juga efek samping yang akan dirasakan. Tetapi hal ini tidak sebanyak dan tidak seseram yang dibayangkan.

Jika mengkonsumsi minyak zaitun yang berlebihan, maka dapat menyebabkan diare. Atau jika ada yang memiliki alergi pada minyak zaitun, maka ruam kulit akan menghinggapi.

Sebaiknya, konsultasikan dahulu kepada dokter yang ahli di bidang penyakit yang diderita.

Kandungan yang terdapat pada minyak zaitun membuktikan bahwa betapa bermanfaat dan berkhasiatnya minyak zaitun yang dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW. Tidak salah nabi menganjurkan sesuatu yang baik bagi umatnya sendiri. Lalu apalagi yang harus dipikirkan untuk mengkonsumsinya?

Sumber: dakwatuna