Manfaat Ikhlas Dalam Islam

Manfaat Ikhlas Dalam Islam

July 5, 2018 0 By novi

Manfaat Ikhlas Dalam Islam – Ikhlas adalah sebuah kata yang simple namun susah untuk dilakukan. Sesungguhnya ikhlas itu sangat mulia jika bisa dilakukan. Karena manfaat ikhlas dalam islam sangat banyak macamnya.

Ikhlas tidak bisa diukur sebab ada dalam hati seseorang, hanya Allah yang mengetahui,ikhlas menjadi dasar penilaian Allah terhadap amalan hamba Nya, penting untuk menjalankan segala urusan dengan niat ikhlas dalam kehidupan sehari hari, apapun akan bernilai ibadah, misalnya mencari ilmu, bekerja, berkeluarga, dll, jika semuanya dilakukan hanya karena Allah maka segala hal tersebut bukan hanya menjadi rutinitas, tetapi akan mendapat keberkahan berupa diterimanya amal kebaikan dan menjadi manfaat baik untuk diri sendiri atau orang lain, ikhlas dapat dijalankan dengan cara meniatkan segalanya karena Allah dan demi akherat, berikut 8 manfaat ikhlas dan islam :

1. Syarat Utama Diterimanya Ibadah

Katakanlah, sesungguhnya shalatku, ibadah ku, hidup ku, dan mati ku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam”. (QS Al Bayyinah : 5).Allah tidak menghitung seberapa banyak atau seberapa sering hamba Nya beramal, melainkan dari seberapa dalam keihklasannya.

2. Perintah Langsung Dari Allah

Maka sembahlah Allah dengan tulus ikhlas beragama kepada Nya”. (QS Az Zumar : 2). Dalam firman tersebut Allah memerintahkan kepada hamba Nya untuk menjalankan ibadah dengan ikhlas, tidak mengharap imbalan atau jasa, atau hal yang bersifat duniawi.

3. Ditakuti Oleh Syetan

aku (syetan) akan menyesatkan kecuali hamba hamba Mu (Allah) yang ikhlas”. (QS Al Hijr : 40). Jelas dari ayat Al Qur’an tersebut bahwa orang yang berhati ikhlas tidak mampu digoda oleh syetan sehingga senantiasa berada ada jalan yang lurus.

4. Selamat Dari Neraka

Apakah akan kami beritahukan kepadamu tentang orang orang yang paling merugi perbuatannya yaitu orang orang yang telah sia sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedang mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik baiknya”. (QS Al Kahfi : 103-104).

Ayat tersebut menjelaskan bahwa orang yang senantiasa menghitung amal perbuatan mereka dan menganggap telah memiliki bekal yang banyak untuk kehidupan di akherat telah melakukan perbuatan yang sia sia sebab menunjukkan bahwa dia tidak ikhlas dan membanggakan kebaikannya, lain halnya dengan orang yang ikhlas, dia tidak akan menghitung berapa banyak yang dia lakukan melainkan senantiasa merasa kurang dan memperbaiki diri serta niat dalam hatinya sehingga akan dijauhkan oleh Allah dari api neraka.

5. Mendapat Pertolongan Allah

Dijelaskan dalam sabda Rasulullah bahwa orang yang ikhlas akan mendapat jaminan pertolongan dari Allah “Sesungguhnya Allah menolong ummat ini dengan orang orang yang lemah dengan doa, shalat, dan keikhlasan mereka”. (HSR Nasa’i 6/45).

6. Doa Akan Diijabah (Dikabulkan)

“Setiap orang akan memperoleh apa yang dia niatkan”. (HR Muslim 1907). Maksud dari hadist tersebut ialah orang yang ikhlas memohon sesuatu karena mengharap kebaikan dari Allah akan mendapat kebaikan (dikabulkan doa nya) sesuai niatnya tersebut.

7. Mendapat Naungan (perlindungan) di Hari Kiamat

Tujuh golongan yang akan dinaungi Allah di hari kiamat….,seseorang yang bersedekah lalu ia sembunyikan dan seseorang yang berdzikir tatkala sendirian”. (HR Imam Muslim). Perhatikan diantara tujuh golongan, dua golongan yang disebutkan di atas adalah orang yang ikhlas yaitu yang sedekah dengan sembunyi sembunyi hingga tak seorang pun tau dan orang yang berdzikir saat sendiri jauh dari keramaian dan dia tidak mengharap sanjungan orang lain.

8. Sebagai Pengampun Dosa Dosa dan Jalan Masuk Surga

Seorang muslim dapat masuk surga karena amal ibadahnya dan atas izin Allah, tidak selalu orang yang terlihat sholeh atau sholehah di mata manusia sebab hanya Allah yang mengetahui hati hamba Nya, simak sebuah kisah yang pernah diceritakan Rasulullah berikut :

“Di musim kemarau yang amat panas ada seekor anjing liar buruk rupa yang hampir mati karena kehausan hingga menjilat jilat tanah lembab di depan rumah seorang ulama tetapi diusir dan dilempari dengan batu, anjing itu ketakutan dan lari dalam kondisinya yang amat lemah hingga terjatuh di pinggir sumur. Saat itu lewatlah seorang pelacur dan merasa iba melihat anjing itu terjulur lidahnya dengan napas yang tersengal sengal, lalu ia merobek gaunnya dan melepas sepatunya untuk membuat timba dan mengambil air dari sumur dan memberikannya kepada anjing itu hingga anjing itu kembali sehat dan hilang rasa hausnya, si pelacur amat gembira melihat anjing itu tak jadi mati karena kehausan. Melihat apa yang telah diperbuat hamba Nya, Allah berfirman kepada malaikat nya “Catatlah hamba Ku itu, dia dalah satu yang akan masuk surga”.

 

MashaaAlloh ternyata manfaat ikhlas dalam islam sangat banyak dan luar biasa ya, semoga kita menjadi hamba yang senantiasa ikhlas dalam melaksanakan semua ibadah kita.

Sumber : dalamislam