Panen Pahala Bagi Pria Yang Shalat Berjamaah Di Masjid

Panen Pahala Bagi Pria Yang Shalat Berjamaah Di Masjid

September 22, 2018 0 By maya

Panen Pahala Bagi Pria Yang Shalat Berjamaah Di Masjid – Shalat merupakah kewajiban yang harus ditunaikan seorang muslim. Berbeda dengan perempuan, pria muslim sangat ditekankan agar shalat berjamaah di masjid. Dengan keutamaan 27 derajat shalat di masjid, ternyata masih banyak kaum pria yang lebih memilih shalat di rumah. Bahkan yang lebih celaka, ada dari mereka yang sama sekali tidak menunaikan shalat.

Padahal selain ditinggikan derajatnya, jalan pergi dan pulangnya pria muslim ke masjid akan mendapatkan ganjaran pahala. Langkahnya akan dihitung sebagai sedekah.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَكُلُّ خَطْوَةٍ تَمْشِيهَا إِلَى الصَّلاَةِ صَدَقَةٌ

(“Setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah.” (HR. Muslim, no. 100

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin dalam Syarh Al-Arba’in An-Nawawiyah mengatakan, “Setiap langkah kaki menuju shalat adalah sedekah baik jarak yang jauh maupun dekat”.

Tak hanya itu, Nabi SAW pernah mengatakan bahwa setiap langkah kaki ke tempat shalat akan dicatat sebagai amal kebaikan.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

كُلُّ خُطْوَةٍ يَخْطُوهَا إِلَى الصَّلاَةِ يُكْتَبُ لَهُ بِهَا حَسَنَةٌ وَيُمْحَى عَنْهُ بِهَا سَيِّئَةٌ“

Setiap langkah menuju tempat shalat akan dicatat sebagai kebaikan dan akan menghapus kejelekan.” (HR. Ahmad, 2:283. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

Dalam hadis berikutnya, Rasulullah SAW mengatakan, berjalan ke masjid akan mendapat dua keutamaan.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ تَطَهَّرَ فِى بَيْتِهِ ثُمَّ مَشَى إِلَى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ لِيَقْضِىَ فَرِيضَةً مِنْ فَرَائِضِ اللَّهِ كَانَتْ خَطْوَتَاهُ إِحْدَاهُمَا تَحُطُّ خَطِيئَةً وَالأُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً

Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu dia berjalan menuju salah satu dari rumah Allah (yaitu masjid) untuk menunaikan kewajiban yang telah Allah wajibkan, maka salah satu langkah kakinya akan menghapuskan dosa dan langkah kaki lainnya akan meninggikan derajatnya.” (HR. Muslim, no. 666).

Pria muslim yang melakukan pekerjaan ini akan mendapatkan dua kebaikan, yakni ditinggikan derajatnya, dan dihapuskan dosa-dosanya.

Dengan banyaknya keutamaan shalat ke masjid bagi pria, apakah masih ada yang berani tidak melakukannya bahkan melewatkannya? Semua kembali kepada iman yang tertanam di dalam jiwa. Wallahu A’lam.

Sumber: inspirasidata

.