Perhatikan Cara Mencuci Jilbab

Perhatikan Cara Mencuci Jilbab

September 22, 2018 0 By maya

Perhatikan Cara Mencuci Jilbab – Memakai jilbab merupakan hal yang wajib bagi muslimah. Tak heran jika sebagian muslimah memiliki jumlah jilbab yang tidak sedikit. Bukan hanya jumlahnya yang banyak, terkadang jenisnya pun bervariasi. Dari mulai model, warna, ukuran sampai dengan bahan dari jilbab itu sendiri.

Oleh karena itu, muslimah harus paham bagaimana untuk menjaga kualitas dari jilbab-jilbabnya. Salah satunya dengan memperhatikan cara mencuci, agar jilbab lebih awet dan tidak mudah rusak walau dipakai berkali-kali.

  1. Pisahkan jilbab warna terang dengan gelap

Untuk menghindari jilbab yang memiliki warna gelap luntur ke jilbab yang berwarna terang, maka jangan dicampur saat mencuci. Jika jilbab sudah luntur dengan warna lain, maka susah untuk menghilangkannya.

  1. Cuci dengan tangan

Hindari penggunaan mesin cuci saat mencuci jilbab. Sebab penggunaan mesin cuci dapat merusak serat-serat kain pada jilbab. Kucek dengan lembut jilbab agar tidak mudah kusut setelah kering nanti.

  1. Rendam jilbab terlebih dahulu

Sebelum mencuci, usahakan untuk merendam jilbab terlebih dahulu. Hal tersebut untuk mempermudah hilangnya noda membandel yang mungkin ada pada jilbab. Tidak perlu waktu yang lama untuk proses perendaman. Cukup ± 15 menit dengan air dan deterjen secukupnya.

  1. Hindarkan dari panas terik matahari

Saat melakukan penjemuran, hindari meletakkan jilbab langsung di bawah terik panas matahari. Hal tersebut dapat memperuhi warna asli jilbab. Apalagi jilbab dengan warna yang gelap. Cukup letakkan di tempat yang dapat ditembus oleh sinar matahari dan terkena angin alami.

  1. Pakai hanger saat menjemur

Jangan menggunakan penjepit saat menjemur jilbab. Sebab penjepit dapat merusak kondisi jilbab saat kering. Penggunaan hanger dianjurkan yang terbuat dari plastik. Karena penggunaan hanger yang berbahan kawat dikhawatirkan berkarat, sehingga meninggalkan bekas pada jilbab.

  1. Pilih yang harus disetrika

Tak semua jillbab yang telah dijemur butuh disetrika. Bahan dari jilbab mempengaruhi kondisi setelah dicuci. Maka setelah kering dijemur pilih kembali mana yang perlu disetrika, seperti jilbab yang berbahan katun atau paris.

Sumber: tebuireng.online