Rasulullah Katakan Kebodohan Sebagai Suatu Penyakit

Rasulullah Katakan Kebodohan Sebagai Suatu Penyakit

September 22, 2018 0 By maya

Rasulullah Katakan Kebodohan Sebagai Suatu Penyakit – Terdapat suatu penyakit yang meliputi berbagai penyakit hati, jiwa dan badan, serta berabagi macam obat penyembuhnya.

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam mengkategorikan kebodohan sebagai suatu penyakit, sedangkan obatnya ialah bertanya kepada ulama.

Imam Abu Dawud dari Jabir bin Abdillah, ia berkata, “Kami pernah melakukan suatu perjalanan kemudian salah satu di antara kami ada yang terkena batu hingga melukai bagian kepalanya. Ketika tidur ia bermintpi (bersetubuh), lalu setelah itu dia bertanya kepada para sahabatnya seperjalanan, ‘Apakah kalian mendapati untukku sebuah keringanan?’

Kemudian para sahabatnya menjawab, ‘Tidak, (sungguh) kami tidak mendapatimu suatu keringanan, karena engkau mampu untuk memakai air tersebut.’

Dan akhirnya orangtersebut pun mandi junub (menghilangkan hadas besar). Setelah ia mandi dengan air tersebut, dan karena mungkin banyak kucuran darah yang keluar di kepalanya.

Maka akhirnya orang tersebut pun meninggal dunia. Setelah mereka pulang kemadinah, maka diberitahukan peristiwa tersebut Baginda Rasulullah Shalallahu’alaihi wasallam.

Dan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam ketika diberitahukan peristiwa tersebut, beliau menjawab, ‘Sungguh teman-temannya telah membunuhnya, semoga Allah SWT membalas mereka.’

Kemudian Rasulullah Shalallahu `alaihi wasallam memberitahukan, ‘Kenapa mereka tidak bertanya ketika mereka tidak mengetahui.’‘Sesungguhnya cukup baginya (bagi orang yang junub tadi) untuk bertayammum. (tayammum adalah menyapu debu kemuka dan kedua tangan hingga ke siku-siku, dengan hanya memakai (menggunakan) debu yang suci dengan beberapa syarat),” sabda Rasulullah Shalallahu `alaihi wasallam.

Semoga bermanfaat.

Sumber: inspirasidata