Seorang Muslim Tak akan Pernah Tinggalkan Shalat 5 Waktu

Seorang Muslim Tak akan Pernah Tinggalkan Shalat 5 Waktu

July 13, 2018 0 By maya

MUSLIM tidak akan pernah tinggalkan shalat lima waktu, apa pun yang terjadi dan dalam kondisi apa pun, sebab ia merupakan tiang agama. Tanpa menegakannya, agama seseorang akan runtuh, sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Janji antara kita dengan mereka adalah shalat. Siapa yang meninggalkannya, maka sesungguhnya telah kufur,” (HR. Turmudzi).

Seorang Muslim Tak akan Pernah Tinggalkan Shalat 5 Waktu – Bahkan, saking wajibnya, Allah SWT senantiasa memberikan keringanan dalam melaksanakannya. Ketika seseorang tidak mampu berdiri, diperbolehkan dengan duduk. Jika tidak mampu duduk, maka dengan berbaring. Jika tidak dapat bergerak, maka dengan isyarat. Jika tidak dapat memberi isyarat, maka dishalatkan (berarti meninggal).Begitu pula bagi yang bepergian (safar), maka diberi rukhsah (keringanan) untuk menggabungkan (jama’) dan meringkas (qashar); dzuhur dengan ashar masing-masing dua rakaat. Maghrib tiga rakaat dengan ‘Isya dua rakaat. Sedangkan shubuh tetap dan tidak digabung dengan shalat lain.

Para Ulama Sepakat Bahwa Meninggalkan Shalat Termasuk Dosa Besar yang Lebih Besar dari Dosa Besar Lainnya

Ibnu Qayyim Al Jauziyah –rahimahullah- mengatakan, ”Kaum muslimin bersepakat bahwa meninggalkan shalat lima waktu dengan sengaja adalah dosa besar yang paling besar dan dosanya lebih besar dari dosa membunuh, merampas harta orang lain, berzina, mencuri, dan minum minuman keras. Orang yang meninggalkannya akan mendapat hukuman dan kemurkaan Allah serta mendapatkan kehinaan di dunia dan akhirat.” (Ash Sholah, hal. 7)

Dinukil oleh Adz Dzahabi dalam Al Kaba’ir, Ibnu Hazm –rahimahullah- berkata,  “Tidak ada dosa setelah kejelekan yang paling besar daripada dosa meninggalkan shalat hingga keluar waktunya dan membunuh seorang mukmin tanpa alasan yang bisa dibenarkan.” (Al Kaba’ir, hal. 25)

Adz Dzahabi –rahimahullah- juga mengatakan, “Orang yang mengakhirkan shalat hingga keluar waktunya termasuk pelaku dosa besar. Dan yang meninggalkan shalat secara keseluruhan  -yaitu satu shalat saja- dianggap seperti orang yang berzina dan mencuri. Karena meninggalkan shalat atau luput darinya termasuk dosa besar. Oleh karena itu, orang yang meninggalkannya sampai berkali-kali termasuk pelaku dosa besar sampai dia bertaubat. Sesungguhnya orang yang meninggalkan shalat termasuk orang yang merugi, celaka dan termasuk orang mujrim (yang berbuat dosa).” (Al Kaba’ir, hal. 26-27)

Jadi, seorang muslim tidak ada alasan untuk meninggalkan shalat. Karena Allah SWT telah memberikan keringanan yang amat sangat ringan. Di mana kita tidak akan diberatkan dengan adanya salah satu perintah ini. Shalatlah yang menjadi penguat tiang agama Islam. Terasuk dosa besar jika seorang muslim meninggalkan sholat. Wallahu ‘alam.

Semoga artikel tentang Seorang Muslim Tak akan Pernah Tinggalkan Shalat 5 Waktu bisabemanfaat

Sumber : islampos & rumaysho