Tiga Orang Yang Doanya Tidak Ditolak

Tiga Orang Yang Doanya Tidak Ditolak

May 31, 2018 0 By novi

Dari Abu Hurairah ra, Rosulullah SAW bersabda,

” Tiga Orang yang Doanya Tidak Ditolak : seorang yang berpuasa hingga ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang didzalimi, Allah mengangkat doa itu di atas awan dan dibukakan untuknya pintu-pintu langit, dan Allah berfirman : ” Demi kemuliaan-Ku, aku akan menolongmu, walaupun pada suatu saat nanti, (HR Ahmad)

Kenapa Doa mereka tidak tertolak?

1. ORANG YANG BERPUASA
Sikap sombongnya dan tamaknya melemah. Dia lebih dekat dan lebih taat kepada Allah SWT, meninggalkan makanan dan minuman karena takut kepada Sang Maha Pemberi. Dia tidak memperturutkan hawa nafsu karena mentaati Tuhan Pemilik langit dan bumi. Oleh karena ketakwaannya itulah mak doanya tidak tertolak.

2. PEMIMPIN YANG ADIL
Dalam al-Qur’an telah dijelaskan mengenai kriteria pemimpin yang baik. Allah SWT berfirman,

“Kami telah menjadikan mereka itu sebagai pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami, dan telah Kami wahyukan kepada mereka untuk senantiasa mengerjakan kebajikan, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan hanya kepada Kamilah mereka selalu mengabdi,” (QS. Al-Anbiya’: 73).

3. ORANG YANG TERANIAYA

Tiga Orang yang Doanya Tidak Ditolak selanjutnya yakni orang yang teraniaya.
Allah SWT berfirman,

“Allah tidak suka seseorang mengatakan sesuatu yang buruk kepada seseorang dengan terang-terangan melainkan orang yang dizalimi maka dia boleh menceritakan kezaliman tersebut ; dan Allah itu maha mendengar dan maha mengetahui”. (QS. An-Nisa:148)

Allah SWT berfirman,

Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas (QS. Al-Araf : 55)

Jadi marilah kita berdoa Kepada Allah SWT inshaaAlloh doa kita akan terkabul, Karena Alloh malu tidak mengabulkan doa hambanya yang benar-benar beriman.

Sumber : makincerdas