Tipuan Itu Bernama Dunia

Tipuan Itu Bernama Dunia

August 2, 2018 0 By maya

Tipuan Itu Bernama Dunia – Tipuan Dunia. Ya, sebenarnya dunia ini hanyalah tipuan semata dan manusia hanya sekedar lewat saja di dunia ini. Tidak akan kekal di dunia ini melaikan di akhiratlah yang kekal abadi.

RASULULLAH SAW bersabda, “Jadilah engkau di dunia ini seperti orang asing atau bahkan seperti orang yang sekedar lewat (musafir).” (HR. Al-Bukhari No. 6416).

“Seandainya dunia punya nilai di sisi Allah walau hanya menyamai nilai sebelah sayap nyamuk, niscaya Allah tidak akan memberi minum kepada orang kafir seteguk airpun.” (HR. At-Tirmidzi No. 2320).

“Ada kecintaan apa aku dengan dunia? Aku di dunia ini tak lain, kecuali seperti seorang pengendara yang mencari teteduhan di bawah pohon untuk beristirahat sejenak, lalu meninggalkannya.” (HR. At-Tirmidzi No. 2377)

“Tidaklah dunia bila dibandingkan akhirat, kecuali hanya semisal seorang dari kalian memasukkan jari ke dalam lautan. Maka, hendaklah melihat apa yang dibawa oleh jari tersebut ketika diangkat?” (HR. Muslim No. 7126)

“Pada hari kiamat didatangkan orang yang paling nikmat hidupnya sewaktu di dunia dari penghuni neraka. Lalu ia dicelupkan ke dalam neraka sejenak. Kemudian ia ditanya, hai anak Adam, pernahkah kamu melihat suatu kebaikan, pernahkah kamu merasakan suatu kenikmatan? Maka ia menjawab, tidak, demi Allah, ya Rabb. Dan, didatangkan orang yang paling menderita sewaktu hidup di dunia dari penghuni surga. Lalu ia dicelupkan ke dalam surga sejenak.

Kemudian ditanya, hai anak Adam pernahkah kamu melihat suatu kesulitan, pernahkah kamu merasakan suatu kesengsaraan? Maka ia menjawab, tidak, demi Allah, ya Rabb. Aku tidak pernah merasakan kesulitan apapun dan aku tidak pernah melihat kesengsaraan apapun.” (HR. Muslim No. 5018).

Allah ta’ala tiap malam turun ke langit dunia pada sepertiga akhir malam dan berseru, barangsiapa yang berdoa kepada-Ku niscaya akan Kukabulkan, barangsiapa yang meminta akan Kuberikan, dan barangsiapa yang memohon pengampunan akan Kuampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Allah SWT berfirman, “Ketahuilah, sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan sesuatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megahan di antara kalian, serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak. Seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani, kemudian tanaman itu mengering dan kamu lihat warnanya menguning lalu hancur. Dan, di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.” (QS. Al-Hadiid 57:20).

“Dan tiadalah kehidupan dunia ini, melainkan senda-gurau dan main-main. Sesungguhnya, akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui.” (QS. Al-Ankabut: 64)

“Mereka hanya mengetahui yang lahir (saja) dari kehidupan dunia, sedang tentang (kehidupan) akhirat mereka lalai.” (QS. Ar-Ruum: 7).

“Ingatlah hari ketika orang-orang kafir dihadapkan ke neraka. Kepada mereka dikatakan, kalian telah menghabiskan kesenangan hidup (rezeki baik-baik) dalam kehidupan duniawi saja, dan kalian telah bersenang-senang dengannya. Maka hari ini kalian dibalas dengan azab yang menghinakan, karena kalian telah menyombongkan diri di muka bumi tanpa haq, dan karena kalian berbuat kefasikan.” (QS. Al-Ahqaf: 20).

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir sekiranya mempunyai apa yang di bumi ini seluruhnya dan mempunyai sebanyak itu (pula) untuk menebus diri mereka dari azab hari kiamat, niscaya (tebusan itu) tak akan diterima dari mereka, dan mereka beroleh azab yang pedih.” (QS. Al-Maaidah: 36).

Demikian penjelasan singkat ini. Berharap kita semua akan lebih sadar bahwa dunia ini hanyalah tipuan semata.Semoga bermanfaat

Sumber: islamposdunia